Latar Belakang

PROGRAM MAGISTER SAINS (S-2) MANAJEMEN SUMBERDAYA PANTAI diselenggarakan berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti Depdikbud No.231/DIKTI/Kep/1999dengan peringkat Akreditasi “A” (Sangat Baik) sesuai SK BAN-PT Nomor: 017/BAN-PT/AK-IV/S2/II/2006. Kegiatan perencanaan dan pengembangan wilayah di daerah, dua komponen utama pembangunan harus dikelola secara sinergis, yaitu sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM). Perwujudan pengelolaan SDA dalam mendukung pengembangan wilayah akan terwujud jelas di dalam rencana tata ruang wilayah yang biasanya telah dimiliki oleh pemerintah daerah, namun strategi pengembangan SDM dalam mendukung tercapainya rencana tersebut terkadang masih terlupakan. Kunci pembangunan SDM adalah perencanaan pengelolaan yang mendukung program-program pembangunan wilayah setempat. Kenyataannya, kemampuan stakeholder dalam menterjemahkan rencana pengembangan wilayah ke dalam bentuk implementasi program-program sektoral, dalam hal ini adalah perencanaan program dan pengelolaannya masih sangat terbatas. Oleh karena itu, perlu peningkatan kemampuan staf perencanaan pengelolaam sumberdaya kelautan di daerah agar mampu menterjemahkan program-program pembangunan wilayah ke dalam program perencanaan dan pengelolaan di wilayahnya, khususnya yang mendukung dan sesuai dengan sumberdaya kelautan. Hal ini sangat penting dalam pengembangan dan pembangunan pendidikan didaerah pesisir Indonesia.

Berdasar uraian di atas, Program Beasiswa Unggulan yang dikelola oleh Departemen Pendidikan Nasional perlu melakukan kerjasama dengan Universitas Diponegoro yang mempunyai Pola Ilmiah Pokok Coastal Eco-development dalam mengembangkan program pendidikan pasca sarjana, yaitu Program Magister Perencanaan dan Pengelolaan Sumberdaya Kelautan. Melalui Program Master Double Degree di bidang Perencanaan dan Pengelolaan Sumberdaya Kelautan ini dalam rangka memenuhi kebutuhan peningkatan Sumber daya Manusia berkualitas untuk memenuhi tantangan dalam era globalisasi. Program Master ini diharapkan akan memberikan landasan ilmu dasar dan lanjutan serta metodologi perencanaan serta implementasi , monitoring dan evaluasi untuk memahami asas-asas ekologi dan dinamika sumberdaya kelautan khususnya untuk peningkatan pemanfaatan sumberdaya pantai dan kelautan secara lestari. Program ini diharapkan untuk mengantisipasi kebutuhan peningkatan kemampuan teknis terapan di bidang perencanaan dan pengelolaan sumberdaya kelautan bagi staff pengajar, fresh graduated dan dinas terkait dalam bidang perencanaan dan pengelolaan sumberdaya kelautan baik di tingkat I maupun tingkat II maupun Dinas terkait lainnya. Penyelenggaraan kuliah didukung oleh 3 Laboratorium Sumberdaya Pantai di Pantai Kartini dan Laboratorium Kelautan di Teluk Awur yang keduanya berada di Jepara (Jawa Tengah), serta Laboratorium SIG (Sistem Informasi Geografis) dan Komputasi Pantai di Semarang. Selain itu, program studi ini disiapkan untuk meningkatkan jenjang pendidikan para praktisi, peneliti, maupun akademisi dan pendidik pada Konsentrasi Perencanaan Pengelolaan Sumberdaya Kelautan.

Mengingat kesiapan dalam perencanaan pelaksanaan Program Master Double Degree dan dukungan kuat dari pihak Universitas partner di Perancis yaitu Universite de Bretagne Occidentale, Universite de la Rochelle dan Universite de Nantes dan juga pihak yang terkait maka diharapkan bahwa Program ini mampu menghasilkan Master bidang perencana pengelolaan Sumberdaya Kelautan yang sangat diperlukan dalam perencanaan pembangunan pendidikan khususnya di wilayah pesisir di seluruh Indonesia.




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: